Header Ads

Perkembangan Teknologi di Masyarakat - Kemajuan Teknologi Harus di Imbangi dengan Pendidikan Karakter

Kemajuan Teknologi Harus di Imbangi dengan 
Pendidikan Karakter



Kemajuan teknologi informasi saat ini tidak lagi bisa dibendung. Bahkan yang sangat terasa menyentuh kehidupan masyarakat, yaitu adanya pertumbuhan teknologi komputer.

Kemajuan teknologi ini membawa akibat yang positif sekaligus negatif bila mana dalam pemakaian teknologi informasi ini tidak dilaksanakan dengan bijak.

“Berita yang tidak bertanggungjawab, atau berita hoax, bulying menyebar tak terkendali. Bahkan pada suatu acara pesta saja tidak dapat menikmati hidup, sebab kebanyakan diantara kita justeru asik berswa foto, tanpa merasakan acara pesta,” kata Dr Wuri Wuryandani SPd MPd dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam seminar nasinal menyusun karakter dan profesionalisme tenaga edukasi berbasis edupreneur mengarah ke generasi emas di Auditorium Kasman Singodimejo Kampus Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), Sabtu (30/3).

Pendidikan karakter menurut keterangan dari Wuri Wuryandani, diperlukan untuk melawan pembiasan dan anarkhi semua pemuda. Sekaligus menanamkan dan mengembangkan karakter luhur untuk anak didik. “Dengan edukasi ini mereka bakal mempunyai karakter luhur, merealisasikan dan mempraktikkan dalam kehidupan, baik dalam family masyarakat maupun sebagai penduduk negara,” jelasnya.

Namun dengan peradaban teknologi yang cepat bisa mempengaruhi nyaris setiap pekerjaan manusia. Waktu lebih tidak sedikit dihabiskan dengan media. “Dari sisi positif teknologi digital bisa sebagai sarana paparan informasi yang cepat, bahkan media sosial (Medsos) bisa mempertemukan indidu dengan orang yang baru, rekan lama, bahkan bisa dijadikan sebagai sarana bisni,” paparnya.(Nar)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.