Header Ads

Perkembangan Teknologi di Masyarakat - Peningkan Teknologi BLK di Daerah

Peningkan Teknologi BLK di Daerah



Pengembangan sumber daya manusia (SDM) terus didengungkan Presiden Joko Widodo guna menghadapi pertumbuhan teknologi yang begitu pesat. untuk mewujudkan urusan tersebut, alokasi perkiraan yang lumayan dibutuhkan, terutama Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai tulang punggung dalam mencetak pekerja yang cocok dengan keperluan pasar.

Anggota Komisi IX DPR Marinus Gea mengatakan, situasi BLK yang tersebar di wilayah masih jauh terbelakang untuk memenuhi keperluan pelaku usaha di area industri baru. Politisi PDI Perjuangan ini menuliskan guna menghadapi industri 4.0, BLK butuh menyesuaikan dengan permintaan pasar yang ingin berubah seiring pertumbuhan teknologi digital. Kini, BLK masih memakai teknologi lama dengan standar pelatihan yang telah tertinggal alias konvensional.

Saat pekerjaan kunjungan kerja ke BLK, Marinus mengisahkan para pengurus BLK itu hendak mengubah teknologi dengan yang baru akan namun terbentur anggaran. "Mereka menuliskan bagaimana anda mengubah peralatan, anggarannya tidak ada. Ini pulang ke persoalan perkiraan negara," ujarnya.

Berdasarkan data Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) melafalkan BLK Pemerintah berjumlah 514 sementara swasta jumlahnya lebih sedikit melulu 58. Hanya saja, andai mengacu pada data Pantau PJTKI, jumlah BLK swasta jauh lebih tidak sedikit hingga menjangkau 189.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.