Header Ads

Perkembangan Teknologi - Industri Perhotelan di Dorong Kemajuan Teknologi

 Industri Perhotelan di Dorong Kemajuan Teknologi



Digitalisasi makin merambah ke sekian banyak  lini dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sekarang semua hal tentang layanan online banking, pemesanan tiket pesawat, taksi dan makanan, serta layanan seperti keelokan dan kebugaran dapat dipesan secara mudah melewati aplikasi.

Chief Technology Officer Oyo Hotels & Homes Anil Goel mengatakan, seiring tren teknologi tersebut Indonesia semakin menjadi pusat teknologi. Ini sejalan dengan semakin banyaknya brand dan korporasi yang semakin konsentrasi pada teknologi untuk menawarkan sekian banyak  layanan mobile.

Menuruntnya, industri perhotelan adalahsatu studi permasalahan yang diuntungkan dari kehadiran inovasi teknologi. Internet of Things (IoT), kecerdasan produksi (artificial intelligence/AI)), machine learning, dan otomatisasi merupakan sejumlah inovasi teknologi yang tak melulu merevolusi dari segi pengalaman konsumen, namun pun mampu menyerahkan kemudahan dari segi bisnis.

Semisal, sekarang brankas atau mesin kasir perlahan digantikan dengan barcode, pembayaran mobile, dan kini teknologi berbasis komputasi awan/cloud. Inovasi ini sudah sepenuhnya menggantikan keperluan akan sistem pembayaran secara jasmani di loket resepsionis atau kasir, sekaligus menambah pengamanan, efisiensi, dan transparansi.

Dampak selanjutnya dari teknologi tersebut mentransformasi industri perhotelan. Dia mengaku, kecanggihan teknologi terbaru menolong para pemain industri untuk mengejar solusi-solusi potensial untuk para konsumen.

"Bagi empunya hotel, urgen untuk terhubung dengan inovasi teknologi terbaru supaya tetap dapat bersaing dalam industri yang dinamis. Memastikan empiris pelanggan yang berkualitas membutuhkan pendekatan menyeluruh, melibatkan tidak sedikit aspek operasional dan profesional.

Teknologi memainkan peran urgen untuk mewujudkan urusan ini sekaligus memungkinkan empunya hotel guna mengelola kendala dan operasional sehari-hari melewati platform yang didukung dengan teknologi," ujar Anil, Jumat (12/4/2019).

Dia menuturkan, teknologi sudah tertanam dalam DNA Oyo dan pihaknya adalahperusahaan kesatu yang mengenalkan solusi berbasis teknologi dari segi pengelola. Teknologi semakin menjadi elemen urgen dalam mendorong perkembangan dan kelebihan kompetitif.

Saat ini, industri perhotelan barangkali belum sepenuhnya mencapai tahap penerapan inovasi teknologi-teknologi terbaru. Namun cepat atau lambat, setiap pertumbuhan dan penemuan inovasi teknologi teranyar akan semakin menciptakan dunia lebih terhubung serta berkembang menjadi lebih personal dengan empiris yang lebih menyenangkan untuk konsumen.

Dengan pertolongan teknologi, semua pemain di industri perhotelan dapat mempercepat bisnis mereka, memperluas jangkauannya ke lebih tidak sedikit orang, tergolong pasar yang sedang berkembang laksana anak muda maupun semua pelancong yang mengetahui teknologi.

"Inovasi teknologi memungkinkan hotel bisa tampil lain di mata publik, mengisi harapan tamu, dan memperluas pasar. Namun teknologi tidak bakal pernah menggantikan kehangatan dan personalisasi yang dihadirkan oleh interaksi manusia. Di masa mendatang, walau kita akan menyaksikan lebih tidak sedikit kemajuan teknologi, interaksi insan akan tetap relevan," jelasnya. .

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.