Header Ads

Perkembangan Teknologi Informasi - Pertumbuhan Media di Era Perkembangan Teknologi Informasi

Perkembangan Teknologi Informasi - Pertumbuhan Media di Era Perkembangan Teknologi Informasi

Perkembangan Teknologi Informasi - Pertumbuhan Media di Era Perkembangan Teknologi Informasi -   Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Yuliandre Darwis, menuliskan, semenjak terbukanya informasi dan teknologi media, perkembangan media massa dan media baru merasakan peningkatan yang lumayan signifikan.

Perkembangan industri digital juga turut memeriahkan jagad dunia media yang semakin beragam. Saat ini, media komunikasi yang sudah bermetamorfosis menjadi media digital perkembangannya semakin unik untuk dibuntuti serta direpresentasikan oleh perkembangan smartphone dan sejenisnya.

  “Media baru seperti ketika ini mempunyai peran yang tidak dapat disepelekan. Saat ini, media digital bisa menggantikan peran media-media konvensional yang sudah ada,” ucap Yuliandre ketika membuka acara pekerjaan Literasi media di Bima, Nusa Tenggara Barat, Kamis (7/3/2019).

https://nahyun-inspirits-fanfics.blogspot.com/

Yuliandre mengakui dengan peradaban tekonogi digital susah untuk mengakomodir informasi yang belum jelas nara sumbernya. Lain urusan yang dilaksanakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tengah gencar melakukan sekian banyak  kegiatan guna mengedukasi masyarakat supaya memiliki keterampilan untuk meneliti informasi yang diterima.

Literasi media yang dilaksanakan KPI bertujuan supaya masyarakat tahu dan paham tentang eksistensi lembaga KPI maupun KPID. Diharapkan masyarakat mendapatkan pendidikan dan pemahaman bagaimana mereka mengkonsumsi media khususnya televisi dan radio.

“Literasi media bisa juga ditafsirkan sebagai gerakan melek media dirancang untuk menambah kontrol pribadi terhadap media yang digunkakan guna mengirim dan menerima pesan,” ucapnya

Dengan adanya literasi media ini KPI beharap menjadi konsentrasi masyarakat supaya memahami kapan orang tua mesti menemani anaknya guna konsumsi tayangan televisi dan siaran radio.

Ketika masyarakat telah paham dan memahami dengan pelajaran yang dikatakan oleh responden yang terdapat pada pekerjaan literasi media ini, maka masyarakat dapat dengan mudah mengejar adanya pelanggaran-pelanggaran. Baik di televisi ataupun di radio, sampai-sampai masyarakat dapat melaporkan pulang ke KPI Pusat atau KPID sebagai format kepedulian masyarakat terahadap program atau konten yang disajikan oleh lembaga penyiaran.

Andre pun menegaskan, seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, maka literasi media diinginkan juga berlaku guna mengedukasi semua pemakai media online, atau media baru yang tersebar melewati jejaring internet. Ia bercita-cita literasi media pasti tidak dapat berjalan dengan baik tanpa peran serta masyarakat. Peran tersebut dapat berupa individu, komunitas, kelompok, dan kebiasaan lokal setempat.

“Peran pribadi lebih di fokuskan pada tuntunan orang tua sebagai kepala family atas konsumsi konten media di lingkungannya,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.