Header Ads

Perkembangan Teknologi Informasi - Tergerusnya Wartel Oleh Perkembangan Zaman

Tergerusnya Wartel Oleh Perkembangan Zaman



Perkembangan teknologi mengarah ke arah digital menciptakan para pekerja mulai khawatir. Banyak kalangan yang menyinggung bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) bakal digantikan perannya oleh robot.

Berdasarkan keterangan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla, evolusi teknologi tidak bakal menggantikan peran manusia. Karena seiring dengan pertumbuhan teknologi, bakal ada kegiatan baru yang tercipta.
"Memang masing-masing waktu sarat dengan perubahan, namun bukan berarti anda kehilangan pekerjaan. Ini menghasilkan kegiatan baru," ujarnya dalam acara pendahuluan Indonesia Industrial Summit 2019 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (15/4/2019).

Dia mencontohkan, pada industri telekomunikasi, ketika hendak telepon mesti memakai interlokal dan berlahiran bisnis Warung Telepon (Wartel).

Menjamurnya bisnis wartel menciptakan lapangan kegiatan sebagai penjaga wartel terbuka. Namun saat sudah menginjak perkembangan teknologi, di mana tidak butuh ada wartel. Para pekerja wartel tidak tergerus.

Menurutnya, ada kegiatan baru yang dibuat dari pertumbuhan tersebut. Seperti tidak sedikit penjual pulsa yang menjamur.
"Sebagai di antara contohnya dulu terdapat wartel tidak sedikit pekerjaan penjaga wartel. Begitu wartel hilang hadir penjual penjaja pulsa," jelasnya.

Contoh lainnya pekerja di pelabuhan. Pada saat tersebut masih tidak sedikit kapal di pelabuhan, tidak sedikit tenaga kerja yang terserap, meskipun ketika ini sudah memakai kontainer. Jumlah tenaga kerja yang terserap tidak berkurang.

"Begitu pun pelabuhan dulu pelabuhan dengan kapal biasa dipenuhi oleh pekerja pelabuhan sesudah kontainer kegiatan operator banyak," ucapnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.