Header Ads

Perkembangan Teknologi - Kemajuan Teknologi Membuat Tantangan Semakin Sulit

Perkembangan Teknologi - 
Kemajuan Teknologi Membuat Tantangan Semakin Sulit




Perkembangan Teknologi - Founder & Chairman of CT Corp Chairul Tanjung (CT) berberbicara mengenai masalah yang akan dihadapi masyarakat di tengah perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. CT mengatakan dunia berubah begitu cepat seiring dengan inovasi teknologi digital.

CT mengutarakan pernyataan tersebut saat menjadi pembicara seminar dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Ikatan Hakim Indonesia (HUT IKAHI) ke-66 di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (20/3/2019). Seminar membawakan topik 'Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen dan Pelaku dalam Transaksi Elektronik di Era Teknologi Digital'.

"Segala perubahan ini sudah terjadi dari zaman dahulu kala cuma anda belum  merasakan hal yang luar biasa," kata CT.
Berdasarkan keterangan CT, perubahan sebenarnya tak selalu terjadi di era sekarang ini tapi juga di masa lampau. Namun, CT melanjutkan, perkembangan yang terjadi saat ini lebih rentan dan cepat dikarenakan inovatornya lebih banyak dan dominan luas untuk masyarakat.

"Perubahan yang terjadi ini ternyata lebih berbahaya, kenapa? Karena dia lebih cepat, lebih tidak jarang lebih besar. Kenapa bisa begitu? Karena inovatornya, penemunya semakin banyak," ujarnya.
Perubahan Teknologi

Mantan Menko Perekonomian era Presiden SBY  mengatakan ada dua pemicu terjadinya perkembangan yang luar biasa saat ini. Berdasarkan keterangan CT, perubahan dunia yang begitu cepat disebabkan oleh pertumbuhan yang massif di bidang teknologi dan bidang demografi.

"Pertama perkembangan di bidang teknologi dan kedua di bidang demografi. Kalau  lihat saat ini di teknologi  sekarang telah masuk dalam era revolusi 4.0 dimulai dari ditemukannya mesin uap, listrik, komputer, dan saat ini masuk dalam revolusi keempat yang sering disebut dengan internet. Era segala sesuatunya itu dijalankan melalui internet," urai CT.

Dia membahas dunia sekarang ini masuk dalam masa yang disebut sebagai era internet of things. Era tersebut bergerak mengarah pada era yang memanfaatkan robot untuk menggantikan pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia.

Salah satu ciri lain, berdasarkan keterangan CT, yang mengecat* perubahan saat ini adalah dunia yang akan dikelola dengan berbasis data. CT meramal bakal ada perubahan-perubahan signifikan dalam kehidupan manusia yang sebelumnya sama sekali tak terbayangkan.

"Segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan di dunia ini nanti dikelola dengan berbasis data. Dan data ini tidak perlu disimpan di komputer karena sudah ada sistem komputasi awan tanpa menggunakan komputer," kata CT.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.