Header Ads

Perkembangan Teknologi Komunikasi - Manfaat dan Bencana dari Sosial Media

Manfaat dan Bencana dari Sosial Media


Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof Mohammad Mahfud MD mengingatkan untuk seluruh netizen (pegiat internet) untuk arif dalam memakai platform media sosial.

Menurutnya, tidak sedikit sekali untuk yang dapat dipetik dengan eksistensi dan pertumbuhan teknologi informasi seperti ketika ini. Karena banyaknya akses digital sehingga dapat menunjang sekian banyak  kebutuhan informasi yang ada.

“Medsos itu tidak sedikit membantu anda dalam pengembangan ilmu dan pengetahuan khususnya yang sifatnya populer,” kata Mahfud MD, Minggu (14/4/2019).

Bagi semua pekerja dan pelajar, media sosial pun disebut Mahfud dapat menjadi di antara alat penunjang untuk mengembangkan diri dan memperkaya literasi.

“Banyak pun memberi informasi mengenai peluang-peluang untuk sekolah, untuk bekerja dan macam-macam,” terangnya.

Hanya saja seperti faedah pisau, Mahfud MD menilai dari segudang untuk media sosial yang ada pun juga perlu dikenang bahwa medsos juga dapat menimbulkan bencana saat para pemakainya salah dalam memanfaatkannya.

Bahkan bencana dan permusuhan antar sesama rentan terjadi sebab akselerasi netizen yang menyebarkan konten dan narasi negatif serta menyesatkan di dalam platform-platform tersebut.

“Tetapi medsos juga dapat menjadi bencana kalau dipakai untuk yang jelek, yang fitnah dan sebagainya itu,” tuturnya.

Statemen Prof Mahfud MD ini diunggah oleh Youtuber, Muhyiddin Fanda dengan channel Fandalisme.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.