Header Ads

Perkembangan Teknologi Komunikasi - Peran Teknologi dalam Pembangunan RI

Peran Teknologi dalam Pembangunan RI



Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang P.S. Brodjonegoro, mengemukakan perkembangan teknologi di Indonesia untuk beberapa tahun ke depan. Hal tersebut disampaikannya dalam penyampaian Visi Indonesia 2045, di Four Season Hotel, Jakarta, Senin (22/4).

Dia mengungkapkan, dalam perkembangannya, Indonesia bakal memanfaatkan perkembangan teknologi untuk pembangunan. Adapun tren teknologi ke depan yang bakal diterapkan di Indonesia meliputi banyak sektor. "Teknologi digital yakni mobile internet, otomatisasi dan cloud technology," kata Menteri Bambang.

Kemudian terdapat jenis teknologi yang meminimalisir keterbatasan jasmani dan jarak yakni Internet of Thing (IoT). Di mana memungkinkan sebuah obyek memiliki keterampilan untuk mengantarkan data melewati jaringan tanpa membutuhkan interaksi insan ke insan atau insan ke komputer.

"Transportasi dan distribusi, addictive manufacturing/3D printing dan nano technology," ujarnya.

Sementara tersebut di bidang energi, teknologi yang bakal berkembang ialah energi terbarukan mencakup surya atau matahari, angin, nuklir, bio, dan geothermal atau panas bumi. "Dan teknologi kesehatan yakni genetika, penyembuhan dan pemulihan, pelayanan kesehatan," ujarnya.

Dia menjelaskan, ketika ini telah ada sejumlah pengembangan teknologi yang dilakukan. Salah satunya ialah di bidang e-commerce atau perniagaan elektronik yang mengolah perdagangan konvensional menjadi elektronik.

Lalu terdapat industri 4.0 yang mengintegrasikan proses buatan secara virtual berbasis siber dan artificial intelligence atau kepintaran buatan.

"Teknologi blockchain, perpaduan AI, big data, dan IoT, dapat melakukan verifikasi transaksi finansial real time sampai-sampai tidak dibutuhkan lagi pihak ketiga. Rekayasa genetika pun dapat menambah kualitas hidup."

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.