Header Ads

Perkembangan Teknologi Saat Ini - Di Era Industri 4.0 Akankah Robot Gantikan Manusia?

Perkembangan Teknologi Saat Ini - 
Di Era Industri 4.0 Akankah Robot  Gantikan Manusia?


Perkembangan Teknologi Saat Ini -|Di Era Industri 4.0 Akankah Robot  Gantikan Manusia? - Perkembangan teknologi pada berbagai  bidang telah tidak sedikit membantu insan dalam menuntaskan permasalahan, khususnya dalam bidang industri. Kini pertumbuhan teknologi itu dapat mengaburkan batas antara fisik, digital, dan biologis.

Seminar ID 4.0 “Towards Indonesia 4.0” yang dilangsungkan oleh School and Business Management Institut Teknologi Bandung (SBM ITB), pada Jumat (8/3/2019) mengemukakan bagaimana Indonesia dan semua pemuda bersiap menghadapi revolusi industri keempat tersebut.




Revolusi industri keempat atau yang dikenal dengan Industri 4.0 adalah babak baru rangkaian pertumbuhan industri dari abad ke abad yang memanfaatkan teknologi dan mengolah industri konvensional menjadi industri digital.

Sebelumnya, etape revolusi kesatu terjadi pada abad ke-18 dengan ditemukannya mesin uap dan manufaktur. Revolusi ini dibuntuti revolusi industri kedua pada abad ke-19, yang ditandai dengan munculya mesin listrik.

Revolusi industri ketiga pada abad ke-20 adalahrevolusi industri yang sampai kini masih dialami dan bakal segera tergeser. Komputer dan teknologi informasi bakal digantikan oleh rekayasa kepintaran dan automasi di revolusi industri keempat.

Adanya teknologi dan rekayasa kepintaran yang memungkinkan proses industri secara automasi itu dapat melipat gandakan produktivitas dan efektivitas. Bahkan keterampilan yang dilaksanakan manusia secara berulang bisa digantikan oleh robot.

Sehingga dalam menghadapi revolusi industri ini, akan tidak sedikit kemampuan yang bisa digantikan oleh mesin, tetapi pun akan tidak sedikit kemampuan baru yang dibutuhkan.

Hardskill baru yang diperlukan dalam menghadapi industri 4.0 ini di antaranya ialah kemapuan literasi informasi, media, dan teknologi. Beberapa keterampilan yang akan tidak sedikit dibutuhkan di masa yang bakal datang ialah analisis data, pengembangan aplikasi, ketenteraman siber, strategi inovasi, dan keterampilan bersangkutan pendataan dan pengolahan data.

Kemampuan lainnya yang paling pentng dalam menghadapi revolsi industri keempat ialah softskill yang tidak bakal digantikan oleh robot, di antaranya ialah komunikasi, kolaborasi, keterampilan berfikir dalam berwirausaha, management, dan keterampilan lainnya yang mencakup insting dan keterampilan manusia yang tidak bisa digantikan oleh mesin atau robot.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.