Header Ads

Perkembangan Teknologi Terbaru - Inovasi Buatan Hadir Tiap Bulan

Inovasi Buatan Hadir Tiap Bulan



Inovasi baru dalam bidang kecerdasan produksi atau artificial intelligence baru hadir setiap bulan. Perkembangan di bidang AI kian cepat seiring pesatnya adopsi teknologi itu oleh korporasi global.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee mengaku perkembangan teknologi AI berjalan paling cepat. Bila dulu inovasi lahir masing-masing tahun, dia menyebut ketika ini inovasi baru di bidang AI dapat bermunculan dalam hitungan bulan saja.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, Micosoft telah mengerjakan penelitian sekitar lebih dari 20 tahun tentang teknologi AI, dengan melibatkan minimal 3.500 peneliti dan insinyur yang sedang di Microsoft Research Center di China dan India.

“Di Indonesia anda punya tidak sedikit partner guna pengembangan AI. Melalui Microsoft Rinna, kami menyerahkan hibah untuk ITB dan UGM guna pengembangan teknologi AI di Indonesia,” ujarnya.

Dia menjabarkan, terdapat tiga hal yang menjadi kesempatan pengembangan AI di Indonesia yakni inovasi, produktivitas dan daya saing. Bagi tingkat inovasi, dia menyinggung Indonesia tidak kalah dari Asia Pasifik, sedangkan level produktivitas Indonesia dalam tiga tahun dipercayai juga akan menyusul Asia Pasifik.

Studi yang dilaksanakan Microsft Indonesia bareng IDC Indonesia berjudul Future Ready Business: Assessing Asia Pacific’s Growth Potential Through AI yang mensurvei 112 perusahaan nasional di sekian banyak  sektor mengaku bahwa baru 14% perusahaan di Indonesia yang sudah mengadopsi AI sebagai bagian urgen dalam operasional dan strategi bisnisnya sehari-hari, sementara 42% baru mulai bereksperimen dengan AI sebagai strategi bisnis.

Sementara itu, 44% sisanya belum mengadopsi AI. Dari jumlah tersebut, sejumlah 30% perusahaan menyatakan masih menantikan teknologi AI guna berkembang lebih matang sebelum mengadopsinya, sementara 14% lagi belum mempertimbangkan guna mengadopsi AI sama sekali.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.