Header Ads

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Digital

Pengembangan Digitalisasi Sekor Usaha IPB Gandeng Gojek

Hasil gambar untuk dampak gojek terhadap perekonomian indonesia


Perusahaan teknologi penyedia layanan mobile on-demand dan pembayaran digital terdepan di Asia Tenggara, menandatangani nota kesepahaman dengan IPB untuk bekerjasama mendukung sekian banyak  kegiatan berhubungan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Juga, guna pengembangan usaha melewati digitalisasi ekosistem usaha IPB. Turut tergolong dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut ialah bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.Monica Lynn Mulyanto, Chief of Human Resources Officer Gojek, yang turut muncul dalam penandatanganan nota kesepahaman antara Gojek dengan Institut Pertanian Bogor mengatakan, “Sebagai perusahaan teknologi terdepan karya anak bangsa, kami menyaksikan kolaborasi ini sebagai kesempatan untuk memadukan potensi ekosistem IPB dengan teknologi digital yang dipunyai oleh Gojek."


Perpaduan ini, sambung Monica dalam siaran pers yang diterima Republika, Jumat (10/5), pun termasuk dalam urusan pendidikan. Dalam urusan ini, putra-putri terbaik bangsa di IPB dapat semakin menajamkan kemampuannya dengan belajar dan bekerja bareng talenta global berdaya saing tinggi di Gojek.

Tak lupa, talenta terbaik di Gojek pun akan bisa berbagi mengenai sekian banyak  inovasi teknologi, dan akibat sosial maupun ekonomi yang terbuat dari Gojek melewati sesi perkuliahan.

Kebutuhan talenta berketerampilan tinggi (highly skilled talent), menurut keterangan dari Monica, diduga akan terus bertambah seiring bertambahnya perkembangan teknologi. Riset dari lembaga konsultasi internasional Korn and Ferry memperkirakan pada 2030 dunia akan memerlukan 4,3 juta talenta berketerampilan tinggi, agar revolusi digital dapat terus memberikan akibat positif untuk perekonomian dunia.

Untuk aspek penelitian, ujar Monica, IPB biasanya menghasilkan riset yang dominan  sosial maupun ekonomi. “Kami sangat hendak sekali dengan kesempatan kolaborasi dalam urusan penelitian sebab hal ini sejalan dengan sejumlah nilai utama Gojek yakni inovasi dan akibat sosial," kata dia.

Pada era revolusi digital ketika ini, sambung Monica, inovasi ialah aspek yang mendorong perkembangan positif. Gojek ami bercita-cita dapat bekerjasama sehingga membuat inovasi yang berfungsi untuk masyarakat.

Untuk mengakselerasi akibat positif ini diperlukan sumber daya insan (SDM) yang memiliki keserupaan visi untuk membina Indonesia dan memperkuat masyarakat.

“Dalam kolaborasi strategis dengan IPB ini, di samping berfokus pada pengembangan bakat yang mencakup program magang dan program perekrutan talenta dari IPB, sampai kolaborasi riset, dan pengembangan ekosistem usaha, kami pun mempunyai perhatian di bidang pengabdian masyarakat," Monica menjelaskan.

Gojek sebagai pemerkuat sektor wirausaha berdikari dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), sudah mempunyai program pelatihan Gojek Wirausaha yang bertujuan untuk menyerahkan dasar-dasar pengetahuan membina bisnis supaya para pelaku UMKM di semua Indonesia. Tujuannya, supaya UMKM dapat naik ruang belajar dengan merangkul teknologi digital.

Dalam peluang yang sama Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi IPB, Prof Dodik Ridho Nurrochmat, menyerahkan apresiasi positif atas penandatanganan nota kesepahaman ini. Menurutnya, Gojek dan IPB mempunyai visi yang sama untuk menyerahkan kontribusi positif untuk Indonesia.

“Kami memahami bahwa Gojek memakai teknologi guna memberikan akibat sosial sehingga menyerahkan peluang untuk masyarakat untuk menambah kesejahteraannya," kata Rektor IPB.

Semangat berikut yang Dodik harapkan pun dapat menginspirasi civitas akademika IPB terutama semua mahasiswa dan pelaku usaha dalam ekosistem IPB. Berkembangnya Gojek menjadi perusahaan ruang belajar dunia pun menjadi bukti bahwa karya anak bangsa dapat bersaing, bahkan unggul, di level internasional.

Berdasarkan keterangan dari Dodik, IPB dan Gojek memiliki kelebihan masing-masing, dan bisa saling berkolaborasi. IPB sebagai di antara perguruan tinggi terbaik di Indonesia mempunyai putra-putri terbaik bangsa dan pun ekosistem usaha yang sudah mengakar di komunitasnya.

Sedangkan Gojek membawa kelebihan dalam urusan teknologi dan inovasi serta dunia kerja bertaraf internasional. IPB percaya dengan kolaborasi strategis ini bakat-bakat terbaik IPB dapat siap kerja di era digital dan berkontribusi positif dalam pengembangan ekosistem ekonomi digital di Indonesia dan Asia Tenggara.

“Gojek sebagai collaborative mitra IPB dapat menyerahkan peluang untuk mahasiswa/i kami guna mendapatkan pengetahuan dan bertukar empiris dengan talenta-talenta terbaik dunia yang sedang di Gojek," kata Dodik.

Di samping itu, IPB pun percaya bahwa kebiasaan inovasi dan riset yang dipunyai IPB dapat bekerjasama dengan Gojek dan membuat nilai tambah. Tak lupa, sebagai institusi pendidikan, IPB pun memiliki keharusan untuk berbakti pada masyarakat.

"Dan kami sangat hendak sekali mendengar tentang program Gojek Wirausaha yang dipunyai Gojek, sebab dengan program itu kita dapat bersama-sama menolong masyarakat guna menjadi wirausaha yang naik kelas sebab telah merangkul inovasi sektor digital,” tutup Dodik.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.