Header Ads

Perkembangan Teknologi | Sejarah dan Perkembangan Teknologi

Kompetisi Robotik Terbesar di Indonesia



Sinar Mas Land bersama Asian Robotic Competition Committee dan Racer Robotic menggelar persaingan robotik terbesar di Indonesia bertema Indonesian Youth Robot Competition (IYRC) di ICE BSD City, akhir pekan lalu. Lomba ini adalahajang untuk anak-anak guna mengasah keterampilan sejak dini di bidang Science Technology, Engineering, dan Math (STEM).

Kompetisi ini juga bermanfaat untuk mengajar kerja sama tim, percaya diri, serta menajamkan kemampuan beranggapan logis pada anak-anak. Mereka ditantang guna mempunyai kreatifitas dan keterampilan teknologi, serta menjadi problem solver. Acara ini pun menjadi sarana untuk mengajar entrepreneurship skill berbasis teknologi atau tidak jarang kita kenal dengan istilah Technopreneur.

“Teknologi adalahsalah satu konsentrasi kami dalam transformasi BSD City sebagai the first integrated smart digital city. Kami tidak melulu menaruh perhatian pada teknologi tersebut sendiri, tapi pun pada semua digital talent. Kami bangga bisa mewadahi talenta-talenta muda, dan secara garis besar menjadi lokasi berkumpulnya semua komunitas teknologi serta menjadi tuan rumah sekian banyak  acara di bidang teknologi,” sebut Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land, Irawan Harahap dalam pengakuan yang diterima, Senin (15/4).IYRC memiliki sejumlah kategori unggulan laksana yang dilombakan pada tahun-tahun sebelumnya. Robot Soccer merupakan persaingan robot dimana masing-masing tim ditantang guna memasukkan bola ke gawang lawan dengan pelbagai teknik dan strategi sampai mencetak gol dengan memakai robot. Misi Kinder adalah keterampilan untuk memiliki teknik menjawab pertanyaan matematika dengan gerakan robot.

Sumo Push Push adalah strategi bagaimana robot bertahan di area kompetisi dengan teknik menghilangkan lawan dari arena balapan. Permainan misi humanoid adalah kompetisi di mana robot diminta untuk melewati rintangan berisiko dari trek dan dengan cepat menyelesaikan dan membelokkan objek tertentu. Robot Kreatif adalah kontes untuk membuat aplikasi berdasarkan robotika dengan tema opsi juri. Selain itu, ada sejumlah kategori baru, yaitu: game IoT, game resolusi Super Maze, kecepatan bata, bola voli, dan misi drone.

Tahun lalu, para pemenang IYRC didelegasikan untuk bersaing dalam 2018 International Youth Robot Competition di Beijing, Cina. Tim empat siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tangerang Selatan berhasil membawa dua gelar Penghargaan Emas ke kelompok Misi Manusia dan Desain Kreatif setelah bersaing dengan pesaing dari 15 negara lain. Sinar akan memfasilitasi pemenang dalam kompetisi tahun ini. Mas Land dan RACER Robotic akan mewakili Indonesia dalam Kompetisi Robot Pemuda Internasional 2019 yang akan berlangsung di Korea Selatan mulai 7 hingga 10 Agustus 2019 dengan peserta dari 20 negara.

Di BSD City, saat ini sedang mempromosikan Digital Hub, area seluas 26 hektar yang akan digunakan sebagai tempat pertemuan untuk teknologi, digital, animasi, dunia kreatif, pusat pelatihan dan inovasi, seperti area moderat Lembah Silikon di Amerika Serikat Beberapa nama besar telah menunjukkan komitmen mereka untuk membuka kantor di area Digital Hub seperti: Apple, HuaWei, Orami Bilna, Sale Stock, dan Binar Academy.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.