Header Ads

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Komunikasi

 Peran Dakwah di Era Perkembangan Teknologi



Perkembangan Teknologi Komunikasi - Bagaimana peran dakwah di tengah gejala perkembangan media sosial? Bagaimana pertumbuhan ilmu dakwah di tengah era digital? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang hadir di tengah-tengah seminar nasional dengan tema Media Sosial dan Perkembangan Teknologi Komunikasi.

Seminar ini menghadirkan pakar komunikasi dan dakwah, di antaranya Prof. Dr. Deddy Mulyana dari Universitas Padjajaran Bandung, Prof. Dr. Andi Faisal, Wakil Rektor IV UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Prof. Dr. H. Khomsahrial Romli, MSi, Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan Lampung. 

Beragam pandangan semua peserta yang mengekor seminar nasional tersebut, laksana yang disebutkan Dr. Ahmad Sarbini, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, bahwa dakwah mesti berperan lebih pro aktif dan dinamis atas sekian banyak  persoalan masyarakat yang disebabkan keberadaan media sosial yang biasanya dijadikan alat guna memecah belah masyarakat.

Hal yang sama juga disebutkan dari peserta lainnya. “Dakwah mesti menjadi di antara referensi dalam penyelesaikan problematika kehidupan masyarakat sebagai efek negatif dari pertumbuhan perkembangan teknologi komunikasi, yakni media sosial,” ujar Encep Dulwahab peserta perwakilan Prodi Ilmu Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung. 

Gagasan lainnya dalam pembangan dakwah juga disebutkan peserta lain. “Dalam menghadapi dinamika masyarakat, solusinya ialah di samping penguatan keilmuan dakwah dan komunikasi mesti pun penguatan secara kelembagaan dimana peran PTKIN sebagai contributor dan penyalur ilmu yang akan dominan  pada evolusi sosial masyarakat,” ujar Asep Iwan Setiawan, peserta perwakilan Prodi Manajemen Dakwah. 

Seminar nasional yang diadakan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Intan Lampung ini adalah acara pendahuluan dari susunan acara Pertemuan forum dekan yang dilakukan pada 26-29 April 2019 yang dihadiri 170 peserta yang terdiri dari dekan, wakil dekan, ketua dan sekretaris jurusan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) dari 58 Perguruan Tinggi Keagaman Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.