Header Ads

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Game Online

Kelas Berbasis Digital di Salah Satu Sekolah yang Ada di Medan  

Jadikan Teknologi sebagai Sahabat, SD Antonius Medan Bentuk Kelas Digital Berbasis Android
Google Image : Perkembangan Teknologi Game Online

Perkembangan Teknologi Game Online - "Awal-awal kendala memang bagaimana belajar pakai kitab digital di Tablet. Tapi kini udah enggak lagi, udah dapat semua hingga ngerjain PR pun udah dapat dari Tablet ini," ujar Mervin Herbert Manik, satu salah satu siswa ruang belajar 4 Digital SD Antonius Medan.

Dengan nada malu-malu, salah satu rekan sekelas Mervin, Angelina Simangunsong juga mengakui urusan yang sama. Putri cantik berpipi tembem ini menyatakan tidak ada kendala belajar dengan Tablet Android.

"Mudah kok, justeru ada animasinya untuk tolong belajar," ujarnya dengan nada rendah.

Diketahui SD Antonius Medan merealisasikan program ruang belajar digital pada satu dari empat ruang belajar yang mereka miliki.

Alasan penerapan ini, diterangkan Kepala Sekolah SD Antonius, SR Franseline, adalahniatan SD Antonius mengenalkan teknologi sebagai kawan pelajar.

"Zaman telah berubah dan anda tidak boleh memblokir diri. Apalagi ketika ini anda masuk dalam Masyarakat Ekonomi Asean. Ini pasti kita harapkan menjadi bekal anak-anak berlomba dalam dunia digital dibuka dari belajar secara digital," ujarnya, Rabu (15/5/2019) pagi.

SR Franseline menambahkan dalam menjalankan pekerjaan belajar melatih berbasis digital tersebut, cara pembelajaran tetap tidak lepas dari kurikulum 2013 yang digagas Kemendikbud. Hanya saja, penerapan digital diinginkan mampu memberi nilai lebih dibanding belajar pada umumnya.
Franseline melanjutkan bahwa ia bercita-cita siswa siswinya mampu berlomba di dunia teknologi ke depan. Ia berangan-angan siswa siswinya dapat menjadi animator maupun tenaga IT yang andal.

"Saya hendak animator Indonesia bermunculan dari SD Antonius. Makanya kita bercita-cita program ruang belajar digital tak melulu pada satu kelas. Kita hendak semua kelas, 900 murid siswi nantinya merealisasikan metode latihan yang sama (digital)," ucap Franseline.

Wali Kelas 4 Digital, Laura Marbun menuliskan selama penerapan belajar dirinya sebagai guru tak merasakan kesulitan. Para siswanya lumayan cepat mengetahui metode pembelajaran digital yang baru dijalankan dalam tahun perkiraan 2017/2018. "Jadi ini baru setahun, tapi anda tidak ada kendala ya," ujarnya saat memenuhi pelajaran siswanya.

Laura mengucapkan bahwa spesifikasi tablet yang dipersyaratkan sebelumnya ialah Tablet tipe Samsung A8 yang nantinya terkoneksi dengan proyektor kelas. Untuk pelajaran pembelajaran, SD Antonius memasang software buku digital dari Pesona. Edu.

"Tab mereka pun telah dikunci oleh software Knox (pengunci) sampai-sampai tidak dapat dipasang software game online, ataupun software lainnya, yang membahayakan pertumbuhan psikis mereka," tukasnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.