Header Ads

Perkembangan Teknologi - Prioritas 5G Bagi Konsumen Bisnis

Prioritas 5G Bagi Konsumen Bisnis

Hasil gambar untuk 5g technology

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menuliskan bahwa jaringan internet generasi kelima atau 5G bakal memprioritaskan konsumen bisnis dan diupayakan diterapkan kesatu kali di luar Jawa.

"Kalaupun (5G) terdapat nanti di Indonesia, tersebut untuk pasar korporasi dahulu. Ini pun sama dengan negara lain, bahkan di Jepang," ujar dia usai menghadiri acara Buka Puasa Bersama Keluarga Besar & Mitra Kerja Kominfo di Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Rudiantara menilai pasar bisnis lebih siap menerima hadirnya 5G terutama dari segi pengeluaran biaya. Kemudian, andai nantinya rencana tersebut terwujud, maka distrik yang menjadi prioritas sedang di luar pulau Jawa laksana Sulawesi."Saya telah bicara dengan Menperin, area industri khusus. Kalau dapat jangan di Jawa, di Cikampek, namun di Sulawesi, (tepatnya) Sulawesi Tengah, sebab di sana terdapat potensi guna kompleks industri baru," kata dia.

Sementara itu, dari segi teknis, penerapan 5G masih menghadapi kendala, yaitu frekuensi yang masih terpakai satelit.

Rudiantara belum dapat meyakinkan masa-masa penerapan 5G di Tanah Air. Namun menurut keterangan dari dia, uji coba bakal terus berlangsung seiring keperluan tetap terhubung dengan teknologi terkini.

"Kalau uji coba anda harus jalan terus. Kita mesti keep up dengan pertumbuhan teknologi tersebut sendiri. Jaringan 5G kan ada sekian banyak  versi, kian ke sini versinya kian tinggi," tutur dia.

Sebelumnya, Kominfo memperkirakan penerapan frekuensi 5G pada tahun 2020. Agar urusan tersebut terwujud, pemerintah menggandeng sekian banyak  pihak yang berkepentingan dalam dunia telekomunikasi di Indonesia guna mengkaji implementasi jaringan 5G.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.