Header Ads

Perkembangan Teknologi | Ipa dan Perkembangan Teknologi

Para Milenial Optimistis Raih Jurusan yang Dibidik Pada SBMPTN 2019


https: img.okeinfo.net content 2019 06 15 65 2066835 sbmptn-2019-milenial-optimistis-raih-jurusan-yang-dibidik-MN6SgZfOcL.jpeg



Perkembangan Teknologi | Ipa dan Perkembangan Teknologi - Penerimaan mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah dimulai sejak tanggal 10 Juni dan akan selesai pada 24 Juni. Calon mahasiswa pun berduyun-duyun mendaftarkan diri berbekal nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk dapat lolos pada program studi yang diincar.

Tak melulu itu, mereka juga berjuang dengan menggali informasi seputar SBMPTN tahun ini, yang memang mempunyai sistem bertolak belakang dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu dilaksanakan mereka dengan mengekor SBMPTN 2019 Info Day yang dilangsungkan di Balairung Universitas Indonesia (UI), Depok.

Seperti Sumayah Syahidah Az Zahra, murid asal sekolah menengah atas di wilayah Cirebon ini tengah memburu impiannya untuk dapat berkuliah di Universitas Padjajaran (Unpad) dengan jurusan psikologi. Pilihan dua-duanya yakni edukasi fisika di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Baca Juga : Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Berdampak Buruk Terhadap Kehidupan Sosial Remaja

Ambil jurusan yang Saintek semua sebab memang dari sekolah telah IPA, dan memang pun sudah jatuh cinta dengan IPA. Orang tua pun mendukung," ungkapnya saat didatangi Okezone di UI, Depok, Sabtu (15/6/2019).

Zahra menyatakan lebih optimistis guna lolos pada pilihan dua-duanya yakni jurusan edukasi fisika. Hal tersebut menurut pertimbangannya terhadap nilai UTBK yang dia dapatkan.

"Lebih optimistis ke jurusan edukasi fisika sih, bila psikologi memang standar nilainya lumayan tinggi," imbuh dia.

Ada pun tiga sekawan dari SMA Negeri Tambun Selatan, Bekasi yang turut memburu mimpi guna masuk perguruan tinggi. Mereka ialah Nina Ayu, Christy Oktaviani Hutapea, dan Septian murti Wibowo yang memang satu ruang belajar di jurusan IPA.

Baca Juga : Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi 5 Tahun Kedepan

Nina menyatakan tengah mengincar jurusan Fisika Murni di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) Jakarta sebagai opsi kesatu dan jurusan Biologi di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) guna pilihan kedua. Pilihan itu dipungut tentunya dengan sekian banyak  pertimbangan keperluan di masa depan.

"Soalnya bila murni itu dapat masuk edukasi juga, jadi bila lulus dan belum bisa kerjaan dapat daftar jadi guru," kata dia.''

Dia mengaku, bagaimana juga sulitnya persaingan tetapi tetap optimistis guna menggapai program studi yang diinginkan. "Optimis sih, yah barangkali lolos," imbuh dia.

Sahabatnya, Christy menyasar jurusan Pendidikan Matematika dan Pendidikan Informatika di UNJ. Hal tersebut dipilihnya untuk mengisi cita-cita menjadi guru di masa depan. Dia mengaku, belum mengerjakan pendaftaran demi dapat mendengar pemaparan tentang SBMPTN pada hari ini. Menurutnya, ada sejumlah hal yang butuh lebih dimengerti sebelum memungut keputusan mendaftar.

"Tapi dengan penyampaian ini enggak berubah, teteap optimistis dengan jurusan yang inginkan saya ambil," ungkapnya.

Begitu pula dengan Septian yang menyatakan optimistis dapat meraih di antara jurusan yang dibidiknya. Kedua jurusan tersebut yakni Psikologi di UNJ dan Teknologi Informasi di Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika).

"Karena memang suka mempelajari sifat insan makannya ambil psikologi. Kalau teknologi informasi sebab memang pertumbuhan ke depan tersebut jadi keperluan manusia," kata dia.

Baca Juga : Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi yang Semakin Pesat

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.