Header Ads

Perkembangan Teknologi | Makalah Perkembangan Teknologi

Ilustrasi Teknologi AI (Artificial Intelligence)
Ilustrasi Teknologi AI (Artificial Intelligence)



Kecangihan AI Prediksi Wajah dengan Suara 

Perkembangan Teknologi | Teknologi AI (Artificial Intelligence) terus merasakan perkembangan dan semakin memainkan peran urgen dalam kehidupan insan saat ini.


Mulai dari kehadiran laksana chatbot, keterampilan dalam menolong dokter saat mendiagnosa sebuah penyakit, sampai smartphone masa sekarang yang tidak sedikit membenamkan teknologi ini, merupakan misal dari penerapan teknologi AI.

Berbicara tentang teknologi AI, kabar terbarunya sekelompok peneliti di MIT (Massachusetts Institute of Technology) sukses mengembangkan suatu teknologi AI baru.

Dilansir dari Ubergizmo (11/06/19), semua peneliti ini sukses mengembangkan algoritma yang dapat memprediksi dan menghasilkan foto wajah seorang insan dengan melulu menurut dari suatu suara saja.


Nah, kesuksesan hasil riset ini diterbitkan oleh semua peneliti ini dalam suatu makalah yang berjudul Speech2Face: Learning the Face Behind a Voice.

Berdasarkan keterangan dari informasi, untuk dapat melakukan perbuatan ini, semua peneliti mengajar AI ini dengan teknik mengumpankannya dengan selama lebih dari 100.000 klip video dengan sekian banyak  suara insan dari website YouTube.

Selanjutnya, kelompok dataset suara yang sudah diterima akan diubah satu persatu dengan AI ini dan nantinya akan hadir hasil foto wajah insan yang cocok dengan setiap suara tersebut.


Lebih lanjut, semua peneliti ini mengungkapkan adanya bisa jadi bahwa hasil prediksi tidak tidak jarang kali 100% akurat alias wajah yang didapatkan tidak sama serupa dengan empunya suara aslinya.

Meski demikian, teknologi ini dapat menghasilkan ekspresi wajah seseorang dengan jenis kelamin, ras, dan umur yang lumayan akurat.

Jadi, kira-kira apa ya manfaat AI ini nantinya? Berdasarkan keterangan dari para peneliti, teknologi yang mereka kembangkan ini bisa tidak sedikit dimanfaatkan.

Salah satu contohnya, yakni laksana memungkinkan seseorang untuk memahami siapa sosok lawan bicaranya saat melakukan panggilan via telepon.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.