Header Ads

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi dan Informasi

Rancangan Game Edukasi 3D Sebagai Panduan Pengenalan IIB Darmajaya



Hasil gambar untuk game edukasi



Perkembangan Teknologi dan Informasi | Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, ketika ini teknologi game pun berkembang paling pesat. Bukan melulu sebagai media hiburan dalam memenuhi waktu luang, game juga dapat berisikan materi-materi mengenai edukasi.

Hal tersebut pula yang dilaksanakan Endy Virgiawan, mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya yang berinisiatif merancang Game Edukasi 3D sebagai petunjuk pengenalan IIB Darmajaya guna calon mahasiswa berbasis Android. Game ini bisa Anda download di Play Store dengan nama Explore Darmajaya.

Baca juga : Seringkali, siswa mengembangkan terlalu banyak teknologi sebagai guru
membandingkan

Game tersebut mempermudah calon mahasiswa guna mendapatkan informasi tata letak gedung di IIB Darmajaya dengan lebih interaktif. Tak melulu calon mahasiswa, game ini pun bermanfaat untuk masyarakat umum untuk menyerahkan pengalaman unik menjelajahi Kampus Darmajaya melewati smartphone.

“Aplikasi ini dijalankan secara offline atau bisa dijalankan tanpa memakai koneksi internet. Game ini mempunyai sifat mobile bisa diinstal pada smartphone dengan type dan merk apapun berbasis Android versi 5.0 (Lollipop),” ujar lelaki berusia 22 tahun ini dalam rilis yang diterima lampost.co, Selasa (18/6/2019).


Penelitian ini dilaksanakan Endy dalam skripsinya untuk menjangkau gelar Sarjana Komputer pada Program Studi (Prodi) Teknik Informatika IIB Darmajaya. Ia menjelaskan,dalam game rancangannya ada dua tujuan yang mesti ditamatkan oleh pemakai (user).
Misi kesatu, pemakai mesti mengunjungi gedung-gedung yang telah ditentukan (gedung A,B,C,E dan Masjid) guna mendapatkan informasi sekaligus amunisi yang dapat digunakan pada tujuan selanjutnya.

“Tampilan pemodelan 3D gedung yang terdapat pada software ini hanya dapat dilihat dari unsur luar (eksterior). Aplikasi ini tidak cukup responsif andai berjalan di smartphone dengan RAM (Random Access Memory) dibawah 2 GB (Gigabyte),” ungkapnya.


Terpisah, Ketua Prodi Teknik Informatika, Yuni Arkhiansyah, mengapresiasi Game Edukasi 3D itu yang dirancang mahasiswa IIB Darmajaya. Ia berharap, dengan adanya software tersebut, calon mahasiswa yang hendak melanjutkan edukasi di IIB Darmajaya dapat lebih gampang mendapatkan informasi tata letak gedung dan pun pengalaman menjelajahi Kampus Darmajaya melewati smartphone.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.