Header Ads

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Era Digital



Revolusi industri 4.0 yang dimulai sejak 2011 memasuki babak baru saat ini dengan berkembangnya teknologi robotika, otomasi, kecerdasan buatan, kendaraan otonom, 3D printer, internet of things, augmented reality, virtual reality, danblock chainyang berdampak luas terhadap hidup manusia di seluruh dunia.

Revolusi industri terkini mendorong sistem otomatisasi di seluruh proses aktivitas. Teknologi internet yang semakin luas tidak hanya menghubungkan jutaan manusia di seluruh dunia, tetapi juga telah menjadi basis bagi aktivitas perindustrian, pendidikan, sosial, bahkan transaksi perdagangan. 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Robot Penjelajah Mars Sudah Siap Untuk Meluncur Tahun 2020

Robot NASA Penjelajah Mars Sudah Siap, 2020 Meluncur

Perkembangan Teknologi Era Digital | NASA sudah menjadwalkan misi guna mengeksplorasi planet merah Mars pada 2020 mendatang. Misi ini tidak berawak, tetapi akan mengenalkan sebuah robot penjelajar mempunyai nama 2020 Mars Rover.

Saat ini, melansir rilis pers yang diterbitkan Jet Propulsion Laboratory kepunyaan NASA, Rover Mars sudah siap, ditandai dengan pemasangan kaki dan roda yang adalahsuspensi mobilitas dari si robot.


NASA pun menyebut bahwa robot ini masih belum sempurna. Masih ada sejumlah tahapan solusi lagi. Di antaranya ialah pemasangan lengan robot, pemasangan SuperCam di tiang robot, dan pemasangan sistem pemungutan sampel. Sistem ini berupa 17 motor terpisah yang akan mengoleksi bebatuan dari tanah Mars, yang bakal dibawa ke Bumi guna diteliti.

Berdasarkan keterangan dari penjelasan NASA, kaki dari robot ini, yang bentuknya serupa seperti velg, terdiri atas tabung titanium yang disusun dengan proses yang sama dengan menyusun bingkai sepeda ruang belajar atas. Roda sendiri bakal langsung dipasang mendadak sebelum berangkat di tahun depan.


Roda ini terdiri dari 6 buah velg yang setiap mempunyai diameter 52,5 inci, yang terhubung dengan 48 grouser (sistem laksana roda tank), yang mempermudah eprjalanan di pasir empuk maupun batuan keras.

Setiap roda mempunyai motor kemudi individual, sampai-sampai memungkinkan robot dapat berputar 360 derajat secara sarat dengan mudah.

Terdapat pun sebuah teknologi mempunyai nama "rocker-bogie" yang mempermudah robot untuk menjebol medan yang tidak rata. Sistem ini berupa titik pivot yang dapat mempertahankan mutu konstan pada tiap roda, serta menjaga kemiringan medan. Hal ini menciptakan robot tak bakal roboh walau di kemiringan 45 derajat.


Robot Mars Rover 2020 akan dikenalkan dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida pada Juli 2020 mendatang, dan akan tiba di Kawah Jezero di Mars pada 18 Februari 2021.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.