Header Ads

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Era Globalisasi

Ruang Lingkup Generasi Milenial dalam Era Digital Kini


Gambar terkait

Perkembangan Teknologi Era Globalisasi | Globalisasi adalah proses mendunia atau menyeluruh, dimana masing-masing orang tidak terbelenggu oleh batas-batas distrik bahkan Negara. Kita pasti tidak asing dengan istilah globalisasi. Perubahan dari zaman ke zaman sampai ke etape peradaban insan seperti kini ini, ialah salah satu keberhasilan ilmu pengetahuan yang mengolah dunia.

Baca juga : Teknologi Informasi | WiFi Nakal Pencuri Data

Tahapan demi langkah teknologi terlalui, sehingga mengarah ke ke teknologi canggih atau yang tidak jarang kita kenal dengan teknologi digital. Di era digital dan peradaban teknologi yang pesat laksana sekarang, proses globalisasi semakin berkembang dengan cepat pula. Adanya internet menciptakan komunikasi dan koneksi global menjadi lebih gampang dan cepat. Globalisasi seakan dapat mencakup seluruh orang tanpa dirintangi oleh batas wilayah. Globalisasi dizaman kini sudah menginjak era 4.0, yang mana segala peradaban insan dikuasai dan dijalankan oleh Dunia virtual.

Zaman digital adalahzaman pemberi fasilitas pada manusia, nyaris semuanya melewati digital, melakukan pembelian barang online, ojek online, menciptakan SIM (Surat Izin mengemudi) secara online, dan semuanya serba online. Seolah-olah tidak terdapat lagi hambatan untuk manusia untuk mengerjakan aktivitasya. Media digital sendiri dapat didapatkan melewati komputer maupun smartphone yang mana tidak jarang kali dibawa oleh manusia, khususnya generasi milenial dalam mengerjakan kegiatannya.

Disamping fasilitas dan deviden globaliasi, pasti saja ada akibat yang tidak cukup baik untuk generasi milenial. Dampak itu yaitu, secara sosio kultural media digital lambat laun sudah menghilangkan jabat tangan. Hal tersebut sudah kita alami pada momen hari raya idul fitri, kerabat, sahabat, dan rekan yang dulunya saat lebaran masih bersilaturrahim, seiring pertumbuhan digital merekan lebih suka memilih bermaaf-maafan melewati media sosial.

Baca juga : Endoskopi PECD, Teknologi Baru Atasi Masalah Saraf Kejepit

Dan pun telah mengikis kebiasaan sapaan. Dengan demikian, sosialisasi terhadap orang beda lambat laun bakal hilang, dan insan cenderung mempunyai sifat individualisme. Hal laksana ini tidak jarang kita jumpai disekeliling kita, saat seseorang sudah asik memainkan smartphone-Nya mereka cuek akan suasana yang terdapat disekitar mereka, bahkan disuruh bicara juga tidak merespon. Sehingga seseorang akan merasakan kesendiriannya walaupun disekitar mereka terdapat tidak sedikit orang.

Pengaruh selanjutnya yaitu, mudahnya akses internet, yang mana pun dapat memudahkan penyebaran berita hoax. Apabila user media sosial kurang arif dalam memakai media sosial, maka mereka bakal lebih gampang termakan berita hoax yang dapat memunculkan fitnah bahkan perbuatan kriminal.

Masih tidak sedikit lagi akibat perkembangan digital untuk generasi milenial, peran orang tua sangat urgen untuk memantau anak-anak mereka yang telah berkecimpung dalam dunia digital. Dampingi mereka saat menggunakan gadget dan batasi saat berselancar di dunia maya.

Baca juga : Inovasi Teknologi CT-Scan dan Ultrasound Terbaru di Indonesia

Apa yang mesti dilaksanakan oleh generasi milenial agar tidak terjerumus kedalam jurang digital?

Pintar-pintar dalam memilih media. Dan, pakai media digital untuk menggandakan teman yang dapat meningkatkan pengetahuan dan empiris yang positif.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.