Header Ads

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Robot Petani



Hasil gambar untuk robot petani

Perkembangan Teknologi Robot Petani | Bebek sejak lama digunakan petani sebagai pengganti pestisida karena dapat menghilangkan rumput binal dan memakan serangga yang terdapat di sawah. Kini, petani di Jepang mulai menguji robot bebek guna tugas yang sama.

Robot mempunyai nama Aigamo ini diciptakan oleh engineer Nissan, dan ketika ini prototipenya masih diuji di prefektur Yamagata, Jepang. Bisa dibilang prototipe ini masih seperti suatu proyek do it yourself (DIY), tanpa rencana komersialisasi ataupun data yang mengindikasikan efektivitasnya. Namun tetap saja robot ini sangat unik perhatian.


Nama Aigamo ini berasal dari jenis bebek yang ketika ini sering dipakai oleh petani di Jepang. Beratnya 1,5 Kg, dan dimensinya tidak cukup lebih sama dengan robot vacuum cleaner yang terdapat di pasaran, demikian dilansir detikINET dari The Verge, Senin (24/6/2019).

Di unsur bawahnya terdapat dua bikin kuas berbahan karet yang bermanfaat layaknya kaki bebek. Yaitu guna menghasilkan oksigen di air dengan memutarnya, serta menarik keluar rumput liar supaya akarnya tak menjangkau tanah.


Hal yang unik dari robot ini ialah bagaimana suatu teknologi masa kini dapat dipakai dengan sistem pertanian yang telah ada sejak lama. Bahkan dapat saja Aigamo ini dapat menyelamatkan kebiasaan bertani di Jepang yang sekarang terus tergerus pertumbuhan zaman.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.