Header Ads

Perkembangan Teknologi | Sejarah dan Perkembangan Teknologi Informasi

Jadilah Smartuser dalam Menggunakan Smartphone



Hasil gambar untuk smartphone


Sejarah dan Perkembangan Teknologi Informasi | Perkembangan teknologi lambat laun telah mengolah sendi-sendi kehidupan masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia. Kemunculan smartphone alias hp pintar dengan beragam software mampu menghilangkan batas-batas ketidakmungkinan dan menghadirkan kemerdekaan sebebas-bebasnya. Melalui media sosial, masyarakat lantas menggunakan hp pintarnya guna berinteraksi satu dengan yang lain, tanpa sekat, tanpa batas. Tak terdapat lagi batas teritorial, batas usia dan batasan-batasan lainnya. Semuanya bebas berinteraksi dan menjalankan silaturahmi via media sosial.


Kehadiran hp pintar dan media sosial ialah berkah dari ilmu pengetahuan. Sayangnya, keduanya dipakai oleh orang-orang tak bertanggungjawab guna menyebarkan kebencian, kabar bohong, fitnah caci maki dan narasi perpecahan. Orang-orang yang tak bertanggungjawab tersebut memanfaatkan hp pintar dan media sosial sebagai media adu kambing sesama anak bangsa. Mereka menggunakan dua-duanya untuk mengoyak-ngoyak tali persatuan bangsa Indonesia. Sungguh bukan fitrah yang bahwasannya dari pembuatan hp pintar dan media sosial.

Jika terdapat sekelompok orang yang tak bertanggungjawab memakai hp pintar dan media sosial guna menyulut friksi dengan menyebarkan kabar bohong, fintah dan ujaran kebencian, maka sebagai pemakai hp pintar, kita pun harus menjadi smart user, alias pemakai yang cerdas! Bagaimana caranya?


Dalam metode riset sejarah, terdapat empat tahapan yang mesti ditempuh peneliti sejarah guna mendapatkan sebuah kenyataan sejarah. Keempat tahapan tersebut merupakan, heuristik (pengumpulan informasi atau sumber), verifikasi (kritik sumber, baik kritik internal maupun eksternal), interpretasi, dan historiografi (penulisan sejarah). Keempat tahapan tersebut, dapat kita pakai untuk menjadi pemakai yang cerdas dari hp pintar.

Begini, orang-orang yang tak bertanggungjawab tersebut menyebarkan kabar bohong, fitnah dan caci maki melewati media sosial dengan hp pintar. Sebagai pemakai hp pintar, anda harus rajin menggali kebenaran dari masing-masing informasi yang beredar di media sosial. Kita perlu mengoleksi sumber-sumber (heuristik) guna menilai benar tidaknya informasi tersebut. Sumber-sumber itu dapat kita temukan dengan gampang melalui pertolongan mesin pencari, sebut saja google.

Setelah terkumpul sumber-sumber, saya dan anda butuh melakukan verifikasi atau mengerjakan screening alias penyaringan terhadap sumber yang anda temukan. Setelah mengerjakan verifikasi, anda baru dapat melakukan intrepretasi terhadap informasi tersebut. Jika sumber tersebut mengatakan informasi itu benar dan bermanfaat, maka sebarkan. Jika tidak berfungsi maka diamkan saja atau tuliskan informasi tandingan yang meluruskan informasi itu (historiografi).


Sesungguhnya berhubungan kabar bohong, kita pun sudah diingatkan oleh Kitab Suci al-Qur’an ribuan tahun silam. Melalui surat al-Hujurat ayat 6, Allah Swt, berfirman yang artinya, “Wahai orang-orang yang beriman, andai datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, supaya kamu tidak menimpakan sebuah musibah untuk suatu kaum tanpa memahami keadaannya yang menyebabkan anda menyesal atas perbuatanmu itu.”

Melalui ayat tersebut, Kitab Suci al-Qur’an sudah menyerahkan peringatan tegas bersangkutan masing-masing informasi yang datang untuk kita. Kuncinya, tidak usah terburu-buru menyebarkan masing-masing menerima informasi apa juga di media sosial. Selalu periksa, periksa, dan cek terlebih dahulu informasi tersebut. Manfaatkan hp pintar yang berada digenggaman tangan untuk mengerjakan verifikasi.

Sebagai pemakai yang cerdas, kita pun harus mulai “menyerang” sebab dalam filosofi sepak bola, menyerang ialah pertahanan terbaik. Menyerang di sini berarti kita pun harus rajin menyalurkan konten-konten perdamain, persatuan, wawasan kebangsaan dan konten-konten senada. Penyerangan tak lumayan dengan itu. Kita pun perlu memproduksi konten guna mengimbangi konten-konten berita bohong, fitnah dan ujaran kebencian ciptaan orang-orang yang tak bertanggungjawab itu. Konten yang dapat kita ciptakan juga beragam, dapat video, artikel atau meme. Dengan fasilitas yang disediakan oleh hp pintar, tentu anda tidak akan mengalami kendala memproduksi urusan itu. Kecuali, bila kita malas belajar! Tentu lain ceritanya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.