Header Ads

Perkembangan Teknologi | Sejarah dan Perkembangan Teknologi

Ternyata Bangku Cukur Rambut yang Menjadi Inspirasi Dongkrak Mobil



Hasil gambar untuk dongkrak



Sejarah dan Perkembangan Teknologi | Salah satu perkakas urgen yang mesti dibawa dalam mobil, dongkrak, adalahalat mekanis yang dapat jadi tanpa disadari berisi ilmu pengetahuan. Dongkrak ialah alat yang mengadopsi prinsip dasar Pascal tentang desakan cairan dalam ruang tertutup sama besarnya ke segala arah.


Automotivetrainingcentre.com menjelaskan, prinsip Pascal, yang kesatu kali diperkenalkan oleh berpengalaman matematika Blaise Pascal pada abad ke-17 adalahcikal akan dongkrak. Lantas pada 1975, insinyur dari Inggris, Joseph Bramah, mematenkan perangkat tekan hidrolis kesatu yang lantas mendasari sekian banyak  kegiatan industri.

Di samping dua penemuan itu, dongkrak pun dilatarbelakangi Richard Dudgeon yang mengejar alat pengangkat yang disebut 'alat tekan hidrolis portabel' pada 1851.


Seiring pertumbuhan mobil yang semakin modern, pekerjaan servis pun mengikuti zaman. Dulu mekanik perlu mencari lubang besar di lantai melulu untuk mencapai bagian bawah mobil yang butuh diperbaiki.


Hal tersebut dinilai mahal dan tidak tepat guna sampai kesudahannya dongkrak hidrolis guna mobil kesatu kali dipatenkan pada 1925 oleh Peter Lunati. Ternyata gagasan Lunati datang dari bangku barber (cukur rambut) yang dianggapnya gampang naik turun. 

Penemuan Lunati yang disebut Rotary Lift sampai sekarang masih dijual. Setelah dongkrak hidrolis ditemukan, pada 1989 dongkrak gunting (scissor Jack) yang tidak mengandalkan hidrolis tetapi sistem mekanis, dipatenkan. 


Saat ini ada tidak sedikit jenis dongkrak yang terdapat di pasaran, di antaranya floor jack dan piston jack. Masing-masing jenis dongkrak punya keterampilan angkat berbeda-beda yang mampu mengusung mobil kota sampai truk kontainer.

Dongkrak urgen untuk tidak jarang kali dibawa ketika berkendara karena fungsinya dipakai sebagai perangkat utama guna mengusung mobil ketika hendak mengubah ban yang bocor atau memeriksa kehancuran di kolong mobil.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.