Header Ads

Perkembangan Teknologi | Sejarah Perkembangan Teknologi

Perlombaan mobil pertama

Catatan Sejarah Mobil Pertama di Dunia

Perkembangan Teknologi | Sejarah mencatat pacu mobil kesatu di dunia dilangsungkan pada 11 Juni 1895. Kisah pacu mobil ini tak dapat dilepaskan dari perjalanan pertumbuhan dunia otomotif. Kala itu, inovasi otomotif tak hanya konsentrasi pada pengembangan teknologi, tetapi pun kecepatannya. 


Pada 1850-an, eksistensi mobil telah mulai memenuhi sekian banyak  jalan di Eropa. Ketika jalan raya telah terhubung dari satu kota ke kota lain, ada usulan untuk mengujicobakan mobil. Tujuannya, untuk memahami mobil pabrikan mana yang tercepat. Pabrikan mobil tak melulu dituntut guna untuk mengembangkan mobil saja, tetapi harus "upgrade" tenaga supaya mobil produksinya dapat mencapai kecepatan maksimal. 

History menyebutkan, seseorang mempunyai nama Emile Levassor memimpin kumpulan penyelenggara adu cepat mobil ini. Levassot adalahsalah satu orang yang mempunyai toko mesin terbesar di Paris pada 1887. Bersama dengan temannya Edouard Sarazin, dia sukses membuat mobil Jerman Daimler. Pada 1891, Levassor sudah memproduksi mobil yang bertolak belakang dari yang telah ada. Dia menanam mobil sedang di depan sasisnya. 


Antusiasme penduduk Paris terhadap mobil dimanfaatkannya untuk menggagas arena balap. Dia menggagas arena pacu dari kota Paris mengarah ke Bordeaux dan kembali mengarah ke Paris. Lintasan itu mempunyai jarak selama 1.176 kilometer. Karena jaraknya yang panjang, peserta yang mengekor perlombaan ini mesti memakai mobil dengan mesin yang kuat. Pihak penyelenggara memberitahukan ke penjuru negeri. 

Iklan-iklan serta pamflet bersangkutan kompetisi ini pun tertempel di sudut-sudut kota. Dalam ketentuan yang tertulis, pabrikan otomotif yang ikut dilarang mengantarkan mobil identik atau sama dengan tujuan supaya mengetahui kecepatan dari tiap-tiap mobil.

Pada 11 Juni 1895, pacu mobil kesatu kesudahannya dimulai. Sekitar 30 peserta mengekor lomba ini memakai mobil terbaiknya. Sebanyak 23 jenis kendaraan yang dipungut dari Versailles terdiri dari Steamer, Serpollet dan Bollees, Peugeot, Panhard, serta mobil bertenaga listrik lain. 

Perlombaan Paris-Bordeaux-Paris menyoroti kelebihan Perancis dalam teknologi otomotif pada ketika itu. Mobil Panhard yang dikendarai oleh Emile Levassor terdaftar memimpin jalannya perlombaan. Mobil Panhard dengan kapasitas 1.205 cc sukses menyusul pembalap-pembalap lainnya. Levassor memimpin pacuan dan berhenti secara tertata untuk mengecek komponen mobilnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.