Header Ads

Perkembangan Teknologi | Wahana Edukasi Era Industri 4.0


Sekolah Robot Wajib Dimiliki Indonesia Untuk Hadapi Era Industri 4.0 



Wahana Edukasi Era Industri 4.0 | Dalam beberapa tahun terakhir ini, perkembangan teknologi, perubahan sosial, pendidikan, ekonomi,dan dampaknya di dunia telah berubah secara drastis. Seiring dengan perubahan tersebut, untuk menumbuh kembangkan potensi masyarakat dalam bidang teknologi khususnya dalam bidang teknologi dan robotika di Indonesia, maka dibutuhkan pendidikan dan pelatihan yang berorientasi pada hal tersebut.


Pada dasarnya, sekolah harus menambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman pada masa perubahan era globalisasi yang begitu cepat ini. Penyajian pengetahuan dan wawasan serta pengalaman dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan cara melakukan kunjungan terhadap industri yang terkini dan terkait dengan perubahan tersebut.


Perkembangan teknologi, perubahan sosial, pendidikan, ekonomi, dan dampaknya tidak dapat dipungkiri lagi turut mengubah paradigma pendidikan. Metode-metode pembelajaraan dikaji ulang dan ditelaah agar menghasilkan suatu metode yang efektif bagi pembelajaraan. Sebuah metode pembelajaran dengan konsep Problem Based Learning atau pembelajaran berbasiskan permasalahan dan pengalaman menjadi metode pembelajaran yang paling tepat di era industri 4.0. 


Oleh karena itu, salah satu metode yang kami maksudkan adalah metode widya wisata atau Field Tripatau Studi Lapangan, yang diharapkan mampu menunjang kemampuan siswa dalam mengintegrasikan teori dalam materi pelajaran menjadi penerapan yang tepat guna dan efektif efisien. Keunggulan metode ini adalah siswa dapat berinteraksi langsung dan mengalami percobaan, penemuan, penyelesaian, dan kesimpulan masalah melaluiaktivitas langsung terhadap suatu proyek pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.