Header Ads

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Jaringan Telekomunikasi



Platform Smart City Nusantara bisa tingkatkan layanan kesehatan

Perkembangan Teknologi | PT telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menyiapkan platform Smart City Nusantara (SCN) untuk menambah layanan kesehatan publik untuk masyarakat. 

"Perkembangan teknologi di era digital yang begitu pesat dan peran pentingnya sebagai enabler implementasi smart city sudah memacu pemerintah guna terus mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi sebagai unsur tak terpisahkan dari pengembangan smart city di daerahnya. Smart city ialah suatu konsep inovasi yang sudah mengintegrasikan teknologi digital dalam tata kelola kota sedemikian menjadikan proses lebih efektif dan efisien," kata Senior Manager Smart City Nusantara Wahyudi, kemarin.


Dikatakannya, sebagai format dukungan transformasi digital di sektor pemerintah daerah, Telkom melewati Smart City Nusantara terus mendorong percepatan pemanfaatan teknologi ICT. 

Telkom sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yang meluangkan layanan jasa dan jaringan telekomunikasi di Indonesia,mengembangkan konsep smart city dan membina Living Lab Smart City Nusantara. 

Living Lab Smart City Nusantara adalahsebuah experience center yang dikembangkan oleh PT. Telkom Indonesia guna sharing dan diskusi perihal implementasi dan penyelesaian smart city. 

Living Lab Smart City Nusantara terbuka untuk seluruh stakeholder smart city guna datang berkunjung, berdiskusi, dan menyaksikan langsung sekian banyak  solusi smart city yang ada. 

Saat ini telah muncul 68 prototype dan demo penyelesaian yang dikembangkan oleh Telkom Group sebagai penyelesaian yang dipercayai dapat mensolusikan masalah-masalah yang terdapat di perkotaan. 


Di Living Lab Smart City Nusantara solusi-solusi ini terbagi menjadi 4 kelompok sesuai pemakaiannya dan berada pada 4 zona yakni zona smart government, smart industry, smart citizen dan smart infrastructure. Sejak diresmikan pada tahun 2016 sudah lebih dari 200 pemerintah wilayah telah berangjangsana ke Living Lab Smart City Nusantara.

Salah satu pemerintah wilayah yang sudah berkunjung ialah Tim Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara. 

Pada Senin, 1 Juli 2019 Kunjungan Tim Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara dipimpin oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Debie Kalalo, MSc.PH ditemani dengan Kepala Bidang Tata Ruang Provinsi Sulawesi Utara, Herman.

Tim Dinas Kesehatan Pemprov Sulawesi Utara ini disambut langsung Manager Living Lab Smart City Nusantara Harun.

"Dalam kunjungannya Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Utara mengharapkan supaya Telkom bisa turut serta menolong memajukan daerahnya dalam penerapan konsep smart city terutama dalam bidang kesehatan," katanya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.