Header Ads

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Luar Angkasa



Render penjelajah Mars Cina. (Xinhua)

Perkembangan Teknologi | Cina memperjelas ambisinya ke ruang ruang angkasa dengan mengumumkan, bahwa mereka telah menuntaskan konstruksi pengembara Mars kesatunya. Misi luar ruang angkasa itu akan dikenalkan pada 2020.

Mengutip laman Rt, Senin, 8 Juli 2019, tujuan utama penjelajah ialah untuk berburu firasat kehidupan. Di samping itu, penyelidikan pun akan mengeksplorasi apakah planet tersebut dapat benar-benar pantas huni untuk manusia. 

Sepanjang misinya, mesin diadukan akan memungut bacaan atmosfer, topografi, geologi dan magnetik, sebagai unsur dari studi kelayakan mengenai eksplorasi masa mendatang dan barangkali bahkan kolonisasi planet ini. Peluncuran bertepatan dengan masa-masa terbang terdekat ke planet ini, yang terjadi masing-masing 26 bulan dan dilangsungkan sekitar satu bulan. 


Mengingat keterlambatan 10 menit dalam komunikasi dari Bumi ke Planet Merah, pengembara ini perlu menciptakan keputusan pendaratan sendiri sekitar apa yang dinamakan tujuh menit teror saat menginjak atmosfer Mars. Sejauh ini, melulu 19 dari 45 misi insan ke Mars yang berhasil, yang beberapa besar mempunyai sifat orbital atau terbang mengelilingi Mars. 

Ilmuwan Cina pun harus menanggulangi tantangan tak terhindarkan yang dimunculkan oleh tidak sedikit badai debu Mars yang kuat. Badai ini bisa menghantam dengan kekuatan topan gaya-12 yang pulang ke Bumi.

Meskipun tujuan Mars Cina terlambat, menurut berpengalaman dalam teknologi eksplorasi ruang ruang angkasa di Beijing Pang Zhihao, kesebelasan ini masih mempunyai titik mula yang tinggi dengan desain three-in-one.


Sun Zezhou, kepala perancang investigasi Bulan Cina Chang'e-4, mencerminkan perkembangan pengembara Mars AS lumayan rumit. Namun, menurutnya tujuan NASA tersebut menjadi desakan yang membawa peradaban teknologi.

Peluncuran roket Changzheng 5 yang membawa penjelajah diduga akan dilangsungkan pada Juli atau Agustus 2020 dari kosmodrom Wenchang di Provinsi Hainan. Diharapkan pengembara Mars Cina dapat mengirim data ke Bumi pada mula 2021.

Baca juga : Baca juga: Presentasi Huawei OS HongMeng 9 Agustus?

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.