Header Ads

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Sosial Media


Tangkal Berita Hoax, Kemenkominfo Gunakan Mesin Pengais

Perkembangan Teknologi | Kementerian Komunikasi dan Informatika terus menyelenggarakan forum-forum literasi publik untuk menyerahkan pemahaman pemakaian media sosial yang bijak, terutama untuk generasi muda sebagai pemain aktif media sosial.

Staf Ahli Widiaiswara LIPI, Siti Meiningsih mengucapkan bahwa hoax ialah excess negatif dari pertumbuhan teknologi.

Di sisi lain, pembatasan dan pemusnahan hoax di Indonesia masih terbentur dengan kemerdekaan berekspresi di era demokrasi.

Baca juga : Ritual memanaskan motor injeksi hanya perlu satu menit

Maraknya hoax di Indonesia pun dikarenakan tingkat literasi masyarakat terhadap teknologi informasi dan media sosial masih rendah.

“Telah tidak sedikit upaya untuk mencegah hoax laksana pemblokiran dan upaya hukum. Upaya edukasi, yaitu sosialisasi dan forum lebih dikedepankan dan dirasakan lebih bermanfaat. Beliau menginginkan masyarakat, khususnya generasi milenial, bisa memanfaatkan pertumbuhan teknologi dengan sebaik-baiknya,” ujar Siti dalam dalam penjelasan tertulis, Jumat (28/6/2019).

Pada peluang yang sama, Plt. Direktur Pengelolaan Media, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Nurlaili, mengingatkan publik bahwa Kemenkominfo sudah mempunyai mesin pengais (crawling), yang bermanfaat untuk menjaring hoax.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.