Header Ads

Perkembangan Teknologi | Perkembangan Teknologi Transportasi di Indonesia



Perkembangan Teknologi | Tim mahasiswa Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), yang sebelumnya STTNAS, kembali menghadirkan inovasi. Salah satu inovasi teranyar mahasiswa ITNY ialah Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) Portabel, yang dibuat untuk menolong mengurai kemacetan.

APILL Portabel ini dirancang oleh kesebelasan mahasiswa Teknik Elektro ITNY yang diketuai oleh Saiful Aziz dan beranggotakan Sembodo Rilo Pambudi dan Muhammad Irmansyah. Inovasi dari mahasiswa ITNY ini adalahhasil dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Dikti.


APILL Portabel ini adalahpiranti dengan desain yang minimalis, efektif, efisien, serta ekonomis. Berdasarkan keterangan dari Saiful Aziz, perangkat ini dibuat untuk menolong pengaturan kemudian lintas di persimpangan-persimpangan yang tidak memakai APILL. Harga buatan alat ini lumayan terjangkau.

"Harapannya, inovasi ini bisa diadopsi dan diproduksi oleh pemerintah," cerah Aziz.

Keunggulan perlengkapan APILL Portabel ini ialah pemakaian sensor kamera yang memungkinkan perangkat ini untuk menata lalu lintas secara otomatis. Di samping itu perangkat ini pun dirancang guna dapat dioperasikan secara nirkabel.


"APILL Portabel ini dirancang guna dapat gampang dipindahkan bilamana dibutuhkan," cerah Asniar Aliyu, selaku dosen pembimbing.

Inovasi karya mahasiswa ITNY ini menemukan apresiasi dari Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dalam kunjungannya ke Kampus ITNY, Jumat (12/7/2019), Kasi Teknologi Transportasi Dishub DIY, Drs Rudhy Russanto mengapresiasi inovasi APILL Portabel.

"Inovasi ini merupakan format sumbangsih ITNY terhadap pertumbuhan teknologi di bidang transportasi dan perhubungan. Semoga inovasi APILL Portable bisa diproduksi secara massal sampai-sampai dapat meminimalisir kemacetan," cerah Rudhy.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.